ISO 15504:1998 menjadi ISO 15504:2003


Perubahan yang mendasar dari ISO 15504:1998 menjadi ISO 15504:2003 adalah perubahan dari Dimensi Proses dengan mengidentifikasi proses spesifik dengan melihat Tujuan (Purpose) dan Keluaran(Outcomes) proses yang diseleksi untuk dilakukan pengukuran. Sekarang ISO 15504 merefensikan Model Referensi Proses dan Model Pengukuran Proses (Process Reference Models/PRMs) dan (Process Assessment Models/PAMs). PRMs adalah sumber dari eksternal spesifikasi proses serupa dengan ISO-12207. PMAs adalah kumpulan proses spesifik yang diseleksi dari PRMs seperti yang ada di SEI’s CMMI. Perubahan lain penyusunan kalimat atribut dari dimensi proses seperti di ISO-9001:2000. Gambar II.10 Dokumen ISO 15504:2003-2008 meliputi :
• Bagian 1: Concepts and vocabulary
• Bagian 2: Performing an assessment
• Bagian 3: Guidance on performing an assessment
• Bagian 4: Guidance on use for process improvement and process capability determination
• Bagian 5: An exemplar Process Assessment Model

Bagian-1 menjelaskan konsep umum dan daftar istilah yang digunakan dalam dokumen.
ISO / IEC 15504-2:2003 mendefinisikan persyaratan untuk melakukan proses penilaian sebagai dasar untuk digunakan dalam perbaikan proses dan penentuan kemampuan.
Proses penilaian didasarkan pada model dua dimensi berisi dimensi proses dan dimensi kemampuan. Dimensi Proses ini disediakan model referensi proses eksternal, yang mendefinisikan satu set proses yang ditandai dengan pernyataan tujuan proses dan hasil proses. Dimensi kemampuan terdiri dari kerangka pengukuran yang terdiri dari enam tingkat kemampuan proses dan atribut yang terkait proses.
ISO / IEC 15504-2:2003 mengidentifikasi kerangka pengukuran kapabilitas proses dan persyaratan untuk: melakukan penilaian; proses referensi model; proses penilaian model;
memverifikasi kesesuaian penilaian proses.
Persyaratan untuk proses penilaian didefinisikan dalam bentuk ISO / IEC 15504-2:2003 struktur yang: memfasilitasi penilaian diri sendiri; memberikan dasar untuk digunakan dalam perbaikan proses dan penentuan kemampuan; mempertimbangkan konteks di mana proses dinilai diimplementasikan; menghasilkan peringkat proses; alamat kemampuan proses untuk mencapai tujuannya; berlaku di seluruh domain aplikasi dan ukuran organisasi, dan dapat memberikan tolok ukur objektif antara organisasi.
Persyaratan minimum yang ditetapkan dalam ISO / IEC 15504-2:2003 memastikan bahwa hasil penilaian objektif, tidak memihak, konsisten, berulang dan perwakilan dari proses dinilai. Hasil dari proses penilaian konforman bisa dibandingkan ketika lingkup penilaian dianggap sama, karena panduan mengenai hal ini, lihat ISO / IEC 15504-4.
ISO / IEC 15504-3:2004 memberikan panduan dalam memenuhi persyaratan minimum yang ditetapkan untuk melakukan penilaian yang terkandung dalam ISO / IEC 15504-2.
Hal ini memberikan hal-hal tentang penilaian proses dan menafsirkan persyaratan melalui penyediaan panduan mengenai: melakukan penilaian; kerangka pengukuran kapabilitas proses; referensi proses dan model proses penilaian; memilih dan menggunakan alat penilaian; kompetensi asesor; verifikasi kesesuaian.
ISO / IEC 15504-3:2004 juga memberikan contoh proses penilaian didokumentasikan yang sesuai dengan persyaratan 4.2 pada ISO / IEC 15504-2.
ISO / IEC 15504 menyediakan kerangka kerja bagi penilaian proses. Kerangka kerja ini dapat digunakan oleh organisasi yang terlibat dalam perencanaan, pengelolaan, pemantauan, pengendalian, dan meningkatkan akuisisi, penawaran, pengembangan, operasi, evolusi dan dukungan produk dan jasa. ISO / IEC 15504-4:2004 memberikan panduan tentang bagaimana memanfaatkan proses penilaian konforman dalam sebuah program perbaikan proses atau untuk penentuan kemampuan proses.
Dalam proses perbaikan (Process Improvement/PI) konteks, proses penilaian menyediakan sarana karakteristik unit organisasi dalam hal kemampuan proses yang dipilih. Analisis output dari suatu proses penilaian konforman terhadap tujuan bisnis unit organisasi yang mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan risiko yang berkaitan dengan proses. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu menentukan apakah proses yang efektif dalam mencapai tujuan bisnis, dan menyediakan driver untuk melakukan perbaikan.
Kapabilitas proses penentuan (PCD) berkaitan dengan menganalisa output dari satu atau lebih proses penilaian konforman untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan resiko yang terlibat dalam melaksanakan proyek tertentu menggunakan proses yang dipilih dalam suatu unit organisasi tertentu.
ISO / IEC 15504-4:2004 menggambarkan PI dan PCD proses dan bagaimana untuk menggunakan mereka, dan menyediakan panduan : memanfaatkan proses penilaian, Proses memilih Reference Model (s), kemampuan pengaturan target, mendefinisikan input penilaian, menyimpulkan risiko yang berhubungan dengan proses dari output penilaian, langkah-langkah perbaikan proses, langkah-langkah proses penentuan kemampuan, komparatif analisis penilaian output.
ISO / IEC 15504-5:2006 menggambarkan sebuah contoh Proses Penilaian Model (PAM), konforman dengan ISO / IEC 15504-2 persyaratan untuk PAMs. Ini memberikan petunjuk, dengan cara misalnya, pada sifat dan struktur PAMs, dan pada berbagai dan fungsi berbagai indikator kinerja proses dan kemampuan. Hal ini juga memberikan petunjuk, melalui contoh, pada persyaratan kesesuaian PAMs, dan pada pendekatan untuk demonstrasi kesesuaian.


Leave a Reply